Selasa, 03 Maret 2015

APAKAH ITU LAJU REAKSI KIMIA ?


Sebelum membahas lebih lanjut apa itu pengertian laju reaksi kimia kita terlebih dahulu beranjak dari mengenal system reaksi. Apa itu sistem reaksi ? Sistem reaksi merupakan sejumlah zat yang bereaksi . Sedangkan lingkungan adalah segala sesuatu yang berada diluar system. Contohnya jika air didalam botol adalah sistem reaksi maka botol dan segala yang ada diluar botol merupakan lingkungan. Sistem reaksi dapat terbagi dua yaitu system terbuka dan system tertutup. Pada sistem terbuka memungkinkan terjadinya pengaruh oleh lingkungan luar yang menyebabkan kehilangan komponen atau masuknya komponen ke system reaksi. Sedangkan sistem tertutup tidak memungkinkan terjadinya pengaruh oleh lingkungan luar.

Molekul pereaksi dalam wadahnya selalu bergerak ke segala arah dan berkemungkinan besar terjadi tumbukan satu sama lain. baik dengan molekul sama atau berbeda . tumbukan itu dapat memutuskan ikatan dalam molekul pereaksi membentuk ikatan baru menghasilkan molekul hasi reaksi . Mengapa molekul selalu bergerak alias tidak diam ? untuk menjawab pertanyaan ini lebih baik anda meninjau kembali tentang partikel penyusun atom beserta sifat-sifatnya.

Apa itu laju reaksi ? . Jika didalam ilmu fisika kecepatan merupakan besarnya perubahan jarak per waktu. Maka laju reaksi merupakan besarnya perubahan konsentrasi pereaksi atau produk per satuan waktu. Atau juga dapat dikatakan sebagai banyaknya reaksi kimia yang berlangsung pe satuan waktu. Apa itu reaksi kimia dan mengapa terjadi reaksi kimia ? . Reaksi kimia merupakan interaksi antara pereaksi menghasilkan suatu produk reaksi. Reaksi kimia terjadi akibat terjadi tumbukan antara partikel ( atom, unsure, molekul, senyawa)  . Namun tidak semua tumbukan antar molekul menghasilkan reaksi , hanya tumbukan efektiflah yang menyebabkan terjadinya reaksi kimia. Tumbukan efektif merupakan tumbukan dengan energy yang cukup yang menghasilkan zat hasil reaksi. Keefektifan suatu tumbukan ini bergantung bergantung pada posisi molekul dan energy kinetic yang dimilikinya. Jika kita ibaratkan mengapa orang menoleh ketika kita memanggilnya, hal itu disebabkan karena kita memanggilnya dan tingginya suara yang kita keluarkan sehingga dia dapat mendengar ketika kita memanggilnya. Coba kalau kita berbisik pasti ia tidak akan menoleh.
            
Didalam reaksi kimia juga dikenal istilah energy aktivasi atau pengaktifan. Yaitu energy kinetic minimum yang harus dimiliki molekul-molekul pereaksi agar tumbukan antar molekul menghasilkan zat hasil reaksi yang dikenal dengan produk. Energy kinetic minimum maksudnya disini adalah energy agar geraknya molekul itu menghasilkan tumbukan efektif. Contohnya agar N2O bereaksi dengan NO dapat menghasilkan N2 dan NO2 maka dibutuhkan energy minimal sebesar 209 kj. Nah jika energinya kurang dari itu maka tidak akan terjadi reaksi menghasilkan produk. Setiap reaksi kimia memiliki energy aktivasi masing masing agar terjadi reaksi. Itu merupaan salah satu contohnya saja. jika kita ibaratkan dengan kehidupan sehari-hari untuk dapat melewati tembok satu meter tanpa tangga setidaknya kita harus dapat meloncat minimal satu meter lebih sedikit  agar bisa melewati tembok tersebut. Sedangkan mau meloncat lebih dari itu silahkan saja yang penting batas minimal kita meloncat adalah satu metel lebih sedikit agar bisa melewati tembol itu. Tapi buat apa repot-repot melewati tembok dengan meloncat kalo ada tangga dan pintu, ya kan? . itulah perumpamaan mengenai energy aktivasi ini.

            Jika reaksi kimia :
            mA + nB --> pC + qD

            maka persamaan laju reaksinya adalah :
            v = k [A]x [B]y

             dimana : 

            v                         = laju reaksi
            k                         = konstanta laju reaksi
            [A] dan  [B]       = konsentrasi pereaksi
            X dan Y             = orde / tingkat / pangkat reaksi pada pereakti yang bersangkutan.
                                       Dimana orde total reaksi adalah x + y.


            Bagaimana cara menentuka persamaan laju dan orde reaksi ? silahkan disimak pada blog selanjutnya atau blog lain yang bersangkutan.