Minggu, 13 Oktober 2013

Uji Nyata Alkena


            Alkena

Alkena dan alkana adalah senyawa hidrokarbon. Alkana adalah senyawa dengan ikatan tunggal antar atomnya, sedangkan alkena adalah senyawa hidrokarbon dengan ikatan rangkap ( rangkap dua ) antar antar carbon-carbonnya. Alkena memiliki rumus molekul CnH2n , dimana n adalah jumlah atom karbon pada alkena. ikatan rangkap pada alkena disebabkan karena atom karbon dengan 4 elektron valensi tidak mengikat atom H secara maksimal, akibatnya ada satu elektron yang tidak terhibridasi , sehingga membentuk satu ikatan baru diantara carbon-carbon yaitu ikatan pi, ikatan ini berada jauh dari inti , tidak dikendalikan oleh inti, akibatnya ikatan ini lemah sehingga mudah diserang oleh atom lain.

          secara teori kita dapat membedakan alkana dan alkena dengan menuliskan strukturnya , namun bagaimana cara menentukan suatu zat itu adalah alkena  dalam kehidupan nyata ? karena alkana dan alkena didalam keadaan gas dan cairan sama-sama tidak memiliki warna. sehingga susah dibedakan. alkena memiliki ikatan rangkap dua diantara atom carbonnya,, bagaimanakah kita bisa menentukan posisi ikatan rangkapnya?

permasalahan: 

Secara teori kita dapat menentukan  alkena dengan menuliskan strukturnya , namun bagaimana cara menentukan suatu zat itu adalah alkena  dalam kehidupan nyata atau melalui percobaan ? alkena memiliki ikatan rangkap dua diantara atom carbonnya,, bagaimanakah kita bisa menentukan posisi ikatan rangkapnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar